Mendeteksi Gejala Tie Rod Mobil Bermasalah


Redaksi 406comm -
 Tie rod terdiri atas long tie rod dan tie rod end. Pada mobil dengan sistem kemudi rack and pinion, paling sering rusak adalah tie rod end-nya. Tugas peranti ini adalah mengikat roda, agar dapat belok kiri atau kanan. 

tie rod end
Bila tie rod end sudah oblak, maka tak bakal mampu memegang roda secara sempurna. Akibatnya, arah roda (toe in/toe out) bakal berubah. Efeknya, mobil pun terasa melayang bahkan pada jalan mulus sekalipun. Tapi bila hanya sebelah yang rusak, arah mobil bisa lari ke kiri-kanan. Tak hanya itu, saat terkena lubang jalan akan menyebabkan pergerakan setir terasa liar.

Untuk mendeteksi lebih lanjut,  sama halnya ketika memeriksa kondisi ball joint, dongkrak kedua atau salah satu roda depan di jalan rata, dan pastikan roda mampu berputar bebas atau tak menyentuh permukaan jalan.

Gerakkan roda dengan cara memegang sisi kanan dan kiri ban memakai tangan. Goyang-goyangkan agak kuat ke depan dan belakang, lalu cermati gejala yang muncul. Saat tie rod atau long tie rod rusak, akan muncul gejala roda yang oblak. Bahkan jika sudah parah akan disertai bunyi klotok-klotok. Maka tak ada jalan lain, selain menggantinya.

(sekali lagi jangan mengakalinya…..sambil colek um gito….qiqiqiqi)

Ingat! Rekondisi tie rod yang saat ini banyak ditawarkan bengkel, tidak menjamin menuntaskan masalah. Sebab, “Hasilnya kurang maksimal, paling hanya tahan tiga bulan,”  Proses rekondisi tie rod disebabkan kinerja komponen ini yang sudah sudah kendur untuk mencengkeram ball joint.

Alhasil untuk mengencangkannya kembali, maka harus memukul bagian pada bagian samping-sampingnya. Dan kalau tetap memaksa memakai rekondisi, “Syaratnya, lapisan teflon pada bola masih ada. Kalau sudah tidak ada dan dipaksa rekondisi kurang bagus. Soalnya besi langsung bertemu besi,”

About these ads
This entry was posted in Tips Perawatan Mobil Peuget and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Mendeteksi Gejala Tie Rod Mobil Bermasalah

  1. gito newPug says:

    nah justru itu om admin,.. klo bisa di akalin ya akalin dlu wkwkwkwk,.. klo sdah rusak parah baru tuh ganti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s